Tips Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai Yang Baik & Benar

Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai
Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai – Ketika kebutuhan penambahan ruang tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan, maka renovasi rumah secara vertikal adalah pilihan yang paling bijak. Kebutuhan penambahan ruang dalam rumah pada umumnya dipicu oleh anak-anak yang semakin besar, sehingga sudah dipandang perlu untuk memiliki kamar sendiri.

Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai Ini Yang Harus Diperhatikan!

Ketika memutuskan untuk melakukan renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Setidaknya ada dua hal pokok yang harus diperhatikan secara khusus karena ini menyangkut keamanan dan keselamatan konstruksi.

Periksa Kekuatan Struktur Bangunan

Struktur konstruksi terlebih dahulu wajib diperiksa dengan cermat apakah sudah siap jika dilakukan renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai. Dalam arti, apakah struktur konstruksi bangunan awal (existing) sudah cukup kokoh untuk dibebani dengan bangunan lantai 2. Bagian struktur yang wajib diperiksa adalah: pondasi, sloof, kolom, dan balok. Ini adalah langkah yang paling krusial dalam renovasi vertikal. Jangan pernah salah dalam melakukan inspeksi struktur bangunan.

Seperti contoh adalah ketika melakukan inspeksi pondasi, kedalaman pondasi untuk renovasi vertikal 2 lantai setidaknya harus sedalam 90 cm. Tidak hanya kedalaman, tapi termasuk juga mutu beton dan kekuatan adukan harus diperhatikan. Demikian juga dengan inspeksi sloof, ketebalan sloof minimal 20 cm dengan besi tulangan minimal 6 besi ukuran 12 mm. Hal-hal teknis seperti ini sangat krusial dan wajib dilakukan inspeksi struktur bangunan sebelum memulai renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai.

Tata Ruang disesuaikan dengan Lantai 1

Antinya jangan sampai tata ruang lantai 2 tidak ada penyangga yang cukup mumpuni dari lantai 1. Hal ini juga sangat penting karena terkait dengan keamanan konstruksi. Misalnya, membangun kamar di lantai 2 di atas ruang keluarga di lantai 1. Hal ini artinya kamar di lantai 2 tidak ada penyangga yang mumpuni dari lantai 1, tata ruang lantai 2 seperti ini sangat berbahaya.

Itulah dua hal penting yang harus diperhatikan untuk melakukan renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai.

Jasa Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

PT Renovasi Indonesia Satu yang beralamat di Komplek Ruko Pasar Modern Paramount Serpong, Blok C No 12, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810 memiliki skill yang mumpuni untuk mengerjakan pekerjaan renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai di wilayah Jabodetabek.

PT Renovasi Indonesia Satu
Kontraktor Jasa Renovasi Rumah
Hubungi Kami: 0822-4757-0930